Kerap sekali kita menemukan beberapa blogger yang tidak puas dengan blognya sendiri, ada yang baru memulai blognya beberapa minggu dengan satu niche namun saat beberapa hari kemudian ia pun membuat blog baru lagi dengan niche yang berbeda. Pasti dari kalian para blogger pernah mengalami kejadian ini bukan? mungkin salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu jumlah traffic perhari yang  kecil.

AllAbout hanya menyarankan, untuk jadi blogger anda harus bersabar. Tidak ada didunia ini yang instant gan semua butuh yang namanya proses. Apalagi kalian yang bikin blog hanya mengincar uang saja, pasti tidak bawaannya tidak sabar. Memang saat awal-awal traffic blog pasti rendah, namun jika blog sudah berumur 3 bulan lebih pasti visitor organik anda akan banyak dengan sendirinya. Kali ini AllAbout akan memberikan beberapa Tips Untuk Mengelola Blog, simak langsung dibawah.

  1. Sabar
    Ini adalah hal terawal yang anda harus pelajari. Belajarlah bersabar, tidak mungkin anda baru membuat blog hari ini dan traffic langsung melonjak dengan drastis. Semua butuh proses tidak ada yang instant. Jadi hal yang perlu anda pelajari dalam blogging adalah SABAR.
  2. Jangan Mengincar Penghasilan
    Poin kedua ini mungkin sangat tidak asing lagi dimata kita para blogger, banyak blog yang isinya itu 60% iklan. Mungkin dimata anda itu bagus, karena akan mendapatkan banyak penghasilan dari iklan-iklan yang anda pasang. Namun dimata para visitor mungkin ia akan tidak suka dengan blog anda, apalagi jika iklannya banyak dan materi artikel tidak jelas. Bukannya tidak boleh memasang iklan, namun perhatikan juga jumlah iklan yang akan anda pasang. Jalani saja apa adanya, nanti jika blog anda sudah terkenal atau banyak yang visit pastinya penghasilan yang akan menghampiri anda.
  3. Jangan MenyerahAnda jangan terlalu cepat menyerah dalam memperjuangkan blog anda, seperti yang saya beritahukan diatas, di dunia ini tidak ada yang instant semua butuh proses. Memang diawal-awal itu pasti tidak enak gan namun jika anda serius dengan blog anda admin jamin suatu saat nanti blog anda akan terkenal dengan sendirinya.
  4. Berlatih Mengetik Artikel
    Latihan mengetik artikel mungkin sangat diperlukan di dalam dunia blog. Kenapa? supaya anda dapat mengisi artikel-artikel di blog anda dengan materi yang berkualitas (tidak abal-abal). Apalagi buat anda yang punya blog dan isi artikelnya banyak yang COPAS, bukannya tidak boleh copas namun mintalah izin kepada owner blog terlebih dahulu dan cantumkan source artikelnya. Jika ingin melihat materi-materi di blog lain juga usahakan jangan mengambil semua materinya tetapi ambil saja 10 - 20% dari materi tersebut. Ingat!! Berlatihlah membuat artikel sendiri agar anda akan terbiasa dan lebih mudah dalam membuat artikel kedepannya.
  5. Promosi Blog
    Jika blog anda termasuk blog baru, anda diwajibkan untuk mempromosikan blog anda di Social Media, kenapa? agar blog anda banyak yang mengenal, baik teman, sahabat maupun orang lain. Jadi, ini adalah salah satu cara untuk menaikkan sumber traffic pada blog yang umumnya masih baru. Atau mintalah kepada teman blogger anda untuk melakukan blogwalking pada blog anda (baca artikel blogwalking Disini)
  6. Puaskan Para Visitor
    Jangan lupa untuk memuaskan para visitor blog anda dengan cara membalas komentar para visitor, dan membuatkan artikel yang direquest oleh para visitor. Dan jangan lupa juga buatlah artikel yang berkualitas, karena ini adalah salah satu senjata utama blog dalam meningkatkan traffic. Semakin bagus dan berkualitas artikel anda, maka semakin banyak juga yang akan mem-visit dan mem-bookmark blog anda.
  7. Sesuaikan Niche Blog Dengan Kesukaan Anda
    Apa itu niche? niche adalah tema atau topik yang dibahas dalam blog anda. Usahakan niche dari blog anda sama dengan kesukaan atau hobby anda, mengapa? agar anda dapat lebih mudah menulis atau membuat artikel dengan niche yang anda pilih. Jika kalian yang sering kehabisan ide dalam membuat artikel, silahkan buat saja blog anda menjadi gado-gado, yaitu banyak niche dalam satu blog, contohnya yaitu AllAbout sendiri ini.
  8. Gunakan Template Blog Yang SEO dan Friendly
    Template blog juga menjadi faktor yang harus anda perhatikan dalam mengelola blog. Jika template anda tidak SEO ataupun friendly mungkin akan membuat visitor anda kabur sebelum membuka artikel yang anda di blog anda. Template yang tidak friendly pastinya akan membuat visitor kabur atau merasa tidak nyaman saat membuka blog anda, sedangkan template yang tidak SEO akan membuat blog anda susah mendapatkan visitor. Jadi, gunakan template blog yang sesuai ya.
  9. Perhatikan Posisi Widget
    Jangan lupa juga untuk mengelola layout atau tata letak di blog anda dengan benar. Terkadang para blogger menganggap remeh dalam pemasangan widget yang sembarangan menempatkannya, dan ini juga dapat membuat visitor anda tidak nyaman selain itu blog anda juga tidak sedap untuk dipandang. Widget yang banyak pun tidak bagus dalam blog anda, karena dapat memberatkan proses loading saat visitor hendak membuka blog anda. Jadi, pakailah beberapa widget saja yang anda anggap penting untuk para visitor ya.
  10. Blog Navigation
    Perhatikan juga navigation di blog anda!! Supaya para visitor akan mudah untuk menjelajahi blog anda. Contoh beberapa navigation yang sering dipakai para blogger adalah Category atau Label, Sitemap, Bar Search, Popular Post, Recent Post dan Blog Archive.
  11. Rajin Membuat Artikel
    Usahakan blog anda setiap harinya memiliki artikel terbaru minimal 1 saja tidak usah banyak-banyak. Tidak usah juga membuat artikel yang terlalu berat, pokoknya yang biasa saja. Yang penting dihari ini ada update 1 artikel. Ingat! jangan juga terlalu sering posting artikel, maksimal sehari itu 1 - 3 artikel saja karena jika terlalu banyak anda membuat terlalu banyak artikel, maka pihak artikel-artikel dari blog anda akan lama atau susah ter-index oleh search engine.
  12. Bertemanlah Dengan Para Blogger Lainnya
    Poin ini sangat penting ya gan, dengan adanya teman sesama blogger pastinya akan memudahkan anda dalam segala hal kegiatan blogging. Misalkan saja ketika anda meminta teman untuk blogwalking di blog anda atau untuk membetulkan error yang terjadi pada blog anda dan anda pun juga bisa saling mencantumkan backlink pada artikel di blog anda. Pastinya akan sangat membantu jika anda mempunya teman sesama blogger.

Mungkin itulah beberapa tips yang bisa AllAbout bagikan dalam artikel kali ini. Jangan lupa untuk follow Facebook, Blog dan Google+ kami untuk mendapatkan tips & trik lainnya. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.


37 Comments

  1. Satu Lagi Gan !! Motivasi !! :'v

    Ane cuman butuh motivasi + Tips trik di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah penting juga tuh, apalagi pas otak lagi mampet wkwkw

      Delete
  2. Saya selalu sabar dalam mengelola blog ^_^ Thanks infonya :D

    ReplyDelete
  3. Butuh juga nih trik, coba deh gan, tapi masalah sabar ane mah nyerah, susah tapi coba deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbanyakin ibadah gan biar bisa sabar wkwkkw

      Delete
  4. Thanks Motivasinya , memang semua butuh perjuangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, karena didunia ini tidak ada yang instant 8-)

      Delete
  5. Betul gan,, kadang ngeblog bosenin kalo ga ad ide nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin blognya jadi gado gado aja, biar selalu ada ide terus hehe

      Delete
  6. semuanya butuh perjuangan dan kesabaran intinya tetap semangat

    ReplyDelete
  7. terkadang kebanyakan blogger selalu ngincar ke penghasilan, padahal tidak memperhatikan apa yang dia kerjakan sudah memadai atau tidak. :D mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, hampir semua blogger pemula yang berkecimpung di dunia blog memang selalu mengincar penghasilan =D

      Delete
  8. Betul sekali gan, semuanya memang butuh proses untuk mencapai kesuksesan

    ReplyDelete
  9. semoga saya bisa termotivasi untuk mnjadi blogger yah sabar dan menghasilkan suatu saat nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, tetap semangat dalam mengelola blog nya agan :D

      Delete
  10. Ijin share om...... Sangat bermanfaat untuk pemula

    ReplyDelete
  11. mie instan pun harus direbus dulu buat dimakan

    ReplyDelete
  12. Mendapat dan mempertahankan motivasi adalah salah satu yang tersulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi mempertahankan blog yang trafficnya kecil hahaha, semangat trus gan (y)

      Delete
  13. Betul itu gan semua butuh proses dan perjuangan
    keep bloging :)

    ReplyDelete
  14. Sabar dan sabar nntinya pa yang ingin dicapai yang dibelakang akan mengikuti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, pastinya apalagi kalo baru mulai blog, gabisa langsung instant pastinya

      Delete
  15. Wah mantap gan, akupun udah lama ngeblog dan menyadari kalau gak instan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar gan, harus sabar dalam mengolah blog :D

      Delete
  16. Puaskan visitor, berat tp ttp gue jalsni. Makasih motivasinya

    ReplyDelete
  17. yang penting ngeblog itu harus ada tujuannya :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post