Mungkin dari kalian sudah ada yang mengetahui apa itu Blogwalking, namun pasti ada beberapa orang yang belum mengetahui istilah blogwalking dan apa manfaatnya? Kali ini AllAbout akan membahas pengertian dari blogwalking serta apa saja manfaat dari blogwalking. Penasaran? simak ulasan artikel berikut ini.

Blogwalking? Apa itu? Blogwalking adalah aktifitas dimana anda mengunjungi suatu blog dan membaca beberapa artikel dari blog tersebut, dapat juga disebut mengunjungi satu blog ke blog yang lain. Aktifitas ini adalah aktifitas sehari-hari para blogger, dimana saat para blogger mem-publish artikel terbarunya, nah pada saat itulah sang blogger  menyebarkan link artikel tersebut ke grup-grup Blogger di Social Media untuk meminta Blogwalking pada blogger lainnya. Biasanya aktifitas Blogwalking ini diakhiri dengan memberikan komentar relevan atau positif pada blog tersebut. Lalu apa manfaat dari blogwalking?

Sudah capek-capek membuat blog, mendesain tampilan sana sini, mengisi artikel setiap hari, namun ternyata tak ada yang mengenalnya. Kata pepatah mah "Tak kenal maka tak sayang". Di dunia blog pun demikian, "Tak kenal maka tak dikunjungi". Tak dikunjungi berarti tidak ada trafik. Apa gunanya anda punya blog bagus dengan artikel menarik kalau trafiknya sepi? Hal ini mungkin tidak akan terjadi kalau blogger tersebut rajin blogwalking dan aktif dan aktif dengan blogger-blogger lain.

Sebagai blogger baru, mau tidak mau anda harus meluangkan waktu untuk mengunjungi blog lain, terutama yang pernah mengunjungi blog anda. Perkenalkan blog anda ke dunia luar. berikut adalah manfaat dan keuntungan yang diperoleh dari blogwalking.

  1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
    Internet adalah ladangnya pengetahuan. Ada banyak wawasan dari beragam ilmu yang dapat anda peroleh dari internet. Berkembangnya dunia blog semakin memudahkan kita untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan baru.
  2. Promosi Blog
    Salah satu cara memperoleh trafik adalah dengan blogwalking. Ketika anda mengunjungi sebuah blog dan membaca artikel terbarunya, tinggalkanlah komentar yang relevan. Semua platform blog memungkinkan kita untuk meninggalkan link blog sebagai identitas komentar. Jangan sia-siakan hal ini, berilah komentar yang relevan terhadap artikelnya. Jika mungkin nanti ada seseorang yang mengunjungi artikel tersebut, dan membaca komentar relevan anda, mungkin tidak mungkin pengunjung tersebut akan meng-klik link dari blog kita.
  3. Mengintai Blog Sukses
    Mengapa saya bilang mengintai? saat anda melakukan blogwalking pasti anda akan menemukan beragam jenis-jenis blog. Mulai dari template yang keren, pengisian artikelnya, penempatan widget dan lain-lainm dan gunakanlah hasil pengintaian tersebut sebagai bahan evaluasi terhadap blog anda.
  4. Mencari Hiburan
    Tidak hanya untuk hal yang serius, blogwalking juga bisa dijadikan tempat refreshing. Dengan blogwalking, anda dapat menghibur diri dan sekedar mengurangi beban pikiran anda. Caranya? kunjungi saja blog-blog yang membuat tentang humor, dijamin anda bakal tertawa melihat artikel-artikel tersebut.
  5. Mendapat Teman Sesama Blogger
    Teman sesama blogger sangatlah penting, mengapa? jika suatu saat anda mendapatkan masalah dari blog anda, anda hanya perlu meminta bantuan kepada teman blogger anda tersebut dan tanpa segan pasti dia akan membantu kita. anda juga dapat memintanya untuk melakukan blogwalking pada blog anda.
  6. Meningkatkan Traffic Blog
    Ini salah satu yang saya suka dari blogwalking, dengan cara anda meminta blogwalking di grup-grup Social Media. Pastinya ada beberapa orang yang akan meng-klik tautan atau link blog yang sudah anda sediakan.
  7. Memperkenalkan Blog Baru Anda
    Ini sih sudah pasti, dengan cara share beberapa artikel dari blog anda, dan meminta orang untuk melaukan blogwalking. Tentu saja ini akan membuat mereka mengenal blog baru anda.


Baca juga artikel > Meningkatkan Visitor Blog Dengan Salah Satu Teknik Off Page SEO

33 Comments

  1. iya bener gan itu sering saya lakukan sebagai blogger pemula, thank informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, rajin mampir di about31 ya gan :D

      Delete
  2. Sip.. Gan itulah salah satu sumber pendapatan traffic ane...

    ReplyDelete
  3. Haha kerjaan sehari-hari para blogger. Makasih info nya gan. Namun kalau Blog wallking nya gak relevan, katanya gak bagus buat SEO.apa iya gan?

    ReplyDelete
  4. Yg paling utama sih manfaat dri blogwalking itu bisa menaikan trafic blog dan juga menambah wawasan

    ReplyDelete
  5. wahh sharingnya, kalau saya yang terakhir gan :)

    salam kenal

    ReplyDelete
  6. Thanks gan bermanfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup sama sama gan, rajin mampir di about31 ya hihi

      Delete
  7. no.7 itu penting bgt buat blogger pemula seperti saya . makasih infonya

    ReplyDelete
  8. baru tahu tentang blogwalking, thanks informasinya gan

    ReplyDelete
  9. Keren sangat membantu bagi saya seorang pemula
    Jangan lupa mampir ke blog saya

    KLIK DISINI

    ReplyDelete
  10. Mantap gan artikelnya. Salah satu kegiatan yang saya lakukan agar blog saya banya pengunjung ya BW gan.

    ReplyDelete
  11. blogwalking emang penting banget, selain menambah pengunjung juga jadi bisa silaturahmi sesama blogger.

    ReplyDelete
  12. kren gan ...

    bw back yah..
    http://www.zodiakharian.com/

    ReplyDelete
  13. Sip gan.,. dengan adanya blogwalking maka blog kita akan lebih dikenal orang lain...

    ReplyDelete
  14. Artikel yang bermanfaat gan. Hal ini pula yang mulai saya terapkan di grup Blogger Indonesia ��

    Salam kenal!

    ReplyDelete
  15. thanks gan info nya, saya jadi tau sekarang apa itu bw hehehe

    ReplyDelete
  16. Setuju banget kak, buat apa capek2 desain blog trus ujung2nya blognya sepi, btw kak diatas ada sedikit typo nya, yang kata take kenal.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post