Cara Agar Android Tidak Lemot

Smartphone merupakan salah satu jenis gadget yang paling banyak diminati oleh seluruh orang di dunia ini, dengan fitur yang canggih dan mudah dibawa kemana-mana menjadikan smartphone sebagai alat komunikasi nomor satu saat ini. Namun tidak lepas dari kelebihannya, pastinya smartphone juga mempunya mempunyai beberapa kekurangan. Nah salah satunya adalah performa yang terkadang lambat atau lemot.

Smartphone yang lambat atau lemot memang masih menjadi hal yang menjengkelkan, terutama saat kita terburu-buru saat menggunakan smartphone dan saat itu pula smartphone anda sedang lambat atau lemot, pasti kesal bukan? Tenang saja diartikel kali ini AllAbout akan memberikan beberapa trik agar smartphone anda tidak lemot, penasaran? yuk simak ulasan berikut.

Penyebab Smartphone Menjadi Lambat atau Lemot
Sebelum AllAbout memberikan triknya, ada baiknya anda juga mengetahui penyebab smartphone menjadi lambat atau lemot. Lalu apa saja penyebabnya?

  1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Tidak Berguna.
    Mulai sekarang hapuslah aplikasi yang tidak berguna pada smartphone anda, karena terlalu banyak aplikasi maka terlalu banyak juga storage yang akan terpakai pada memory smartphone anda. Lebih baik hapus saja aplikasi yang menurut anda tidak terlalu berguna bagi anda.
  2. Spesifikasi Smartphone yang Kurang Memadai.
    Untuk poin ini sebaiknya anda harus lebih memerhatikannya, terutama saat anda hendak membeli sebuah smartphone. Saat anda ingin membeli sebuah smarphone perhatikan spesifikasinya, perhatikan memory internal, RAM dan processor yang dipakai oleh smartphone tersebut.
  3. Versi OS Smartphone yang Lawas.Bisa kita ambil contoh, jika sekarang ini Android telah merilis versi 8.0 nya dan anda masih memakai versi android 4.0, sudah terbayang apa yang akan terjadi? Yang akan terjadi adalah smartphone anda akan menjadi lambat dan lemot, karena semakin jauh perbedaan versi android maka semakin lambat juga smartphone anda. Ada baiknya selalu cek ketersediaan update OS pada smartphone anda ya.
  4. Memory External (SD Card).
    Perhatikan juga kapasitas SD Card anda, semakin besar kapasitanya maka semakin bagus pula performa yang akan diberikannya. Bisa kita ambil contoh jika memory internal smartphone saya adalah 1GB maka ada baiknya saya memakai memory external sebesar 16GB, ini berguna agar mengatasi masalah storage yang sering kepenuhan dan menghindari terjadinya smartphone menjadi lambat.
  5. Terlalu Banyak Cache dari Aplikasi.
    Terlalu banyaknya cache juga dapat menyebabkan smartphone anda menjadi lemot, pasalnya karena cache akan memakan storage dari smartphone anda. Jadi rajin-rajinlah menghapus cache dari smartphone anda. Cara menghapusnya sendiri sangat mudah, anda hanya perlu kemenu Settings > Storage > Cache > Tap > Remove Cache > Yes. Anda juga bisa menghilangkannya dengan cara simpel yaitu dengan bantuan aplikasi sepert CCleaner dan beragam lainnya.

Nah jika anda sudah mengetahui beberapa penyebab smarphone anda menjadi lemot. Selanjutnya AllAbout akan memberikan sediki trik agar smartphone kamu tidak menjadi lambat atau lemot.

Trik Agar Smartphone Anda Tidak Lambat atau Lemot

  1. Gunakan Aplikasi yang Hanya Anda Butuhkan.
    Aplikasi yang terlalu banyak di smartphone anda tentu saja akan membebani storage dari smartphone anda sendiri, untuk itu hapuslah aplikasi yang tidak terlalu anda butuhkan.
  2. Pindahkan Beberapa Data Aplikasi ke SD Card.
    Cara ini berguna agar memory internal anda tidak terlalu terbebani oleh data dari beberapa aplikasi, cara ini juga sangat ampuh dalam mencegah terjadinya smartphone menjadi lambat.
  3. Install Aplikasi Task Manager.
    Aplikasi ini berguna untuk mematikan proses atau melihat aplikasi apa saja yang berjalan dilatar belakang smartphone anda. Jika RAM terasa terbebani anda bisa menggunakan aplikasi untuk mematikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang, hal ini pasti akan berdampak terbebasnya RAM yang terpakai oleh beberapa aplikasi tadi.
  4. Kurangi Penggunaan Widget.
    Memang widget berguna untuk mempercantik tampilan homescreen smartphone anda, dan menjadi pintasan untuk membuka aplikasi. Namun terlepas dari kelebihan itu, jika anda memakai atau memasang widget terlalu banyak pada homescreen smartphone anda, maka akan memberikan dampak terhadap smartphone kamu sendiri yaitu menjadi lambat atau lemot. Jadi, pasanglah beberapa widget saja yang menurutmu sangat berguna.
  5. Matikan Auto Update Aplikasi.
    Memang fitur ini sangat membantu untuk memperbarui aplikasi dan game yang ada pada smartphone anda, namun fitur ini juga sangat membebani RAM, karena fitur ini akan berjalan secara otomatis tanpa kita ketahui. Untuk mematikan fitur ini, silahkan anda masuk kedalam Playstore dan tap menu settings.

Mungkin itulah beberapa trik dasar yang dapat AllAbout berikan pada artikel kali ini. Jangan lupa untuk follow Social Media AllAbout untuk selalu mendapatkan artikel terbaru kami.

Buat kamu yang baterai smartphone-nya boros bisa membaca artikel berikut:
Terimakasih telah berkunjung di AllAbout, semoga artikel ini bermanfaat.


20 Comments

  1. bisa di coba nih buat smartphone saya yang sedikit lemot, thanks infonya gan.

    ReplyDelete
  2. cara menghapus cache gmna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemenu Settings > Storage > Cache > Tap > Remove Cache > Yes. Anda juga bisa menghilangkannya dengan cara simpel yaitu dengan bantuan aplikasi sepert CCleaner dan beragam lainnya.

      Delete
  3. Hal seperti ini sering terjadi dan tidak disadari

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu soalnya terkadang hp saya suka lemot.

    ReplyDelete
  5. Nice info gan, tambahan selalu clear chaced:D

    ReplyDelete
  6. harus coba nih, smartphone saya sangat lelet. makasih tipsnya gan

    ReplyDelete
  7. setuju banget gan, terima kasih sarannya akan saya coba

    ReplyDelete
  8. Hha kan ada aplikasi yg butuh akses root, gmn ga bisa pindahin

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak semua kok gan, seperti CCleaner kan tidak butuh akses root :D

      Delete
  9. Mantap gan. Nanti saya praktekin

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. nanti kalo pendek dibilangnya ga niat sharing ilmu :-s
      makanya dibikin biar jelas :-s

      Delete
  11. bener nih triknya gan, ane dah praktekin

    ReplyDelete
  12. Makasih infonya ...
    Mau tanya dong mas, cara menghapus aplikasi sistem(google play book dll) pake CC cleaner ga mempan.
    Send mail.ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aplikasi bawaan android kayaknya tidak bisa di hapus deh gan

      Delete

Post a Comment

Previous Post Next Post