Pernah merasakan traffic blog yang turun dengan drastis? hal ini sedang dialami oleh AllAbout sendiri, pasalnya saat AllAbout mengganti template keesokan harinya traffic blog menurun secara drastis. Anda juga pernah mengalaminya atau belum? Simak artikel ini guna menghindari terjadinya penurunan traffic atau visitor pada blog anda.

Untuk para blogger traffic pasti sangat penting baginya, karena dengan jumlah traffic yang meningkat perharinya ini akan membuat blog anda semakin bagus dan akan dikenal oleh orang banyak. Belum lagi jika ada orang yang ingin menawarkan bisnis untuk menayangkan sebuah iklan di blog anda, ini pastinya sangat menguntungkan. Namun masih banyak para blogger yang tidak mengetahui penyebab turunnya traffic pada blog mereka, sehingga membuat mereka resah dan kemudian malas untuk meng-update blognya dikemudian hari. Lantas apa saja penyebab turunnya traffic pada blog?

  1. Blog Jarang Update Artikel.
    Kalo untuk kenyataan yang satu ini sih pastinya sudah jelas, karena blog yang jarang update artikel pastinya jarang dikunjungi oleh visitor. Kenapa? Ya jelas karena visitor mengunjungi blog anda untuk membaca sebuah artikel yang baru dan berbobot. Jadi, jika anda jarang membuat artikel pada blog anda, maka traffic blog pun susah meningkat atau bahkan akan turun dengan sendirinya.
  2. Owner Malas Mengurus Blog.
    Bikin blog kok tapi malas ngurus, mending enggak usah bikin sekalian deh! Banyak nih para blogger yang membuat blog hanya sekedar untuk bergaya dan tidak mengetahui asal usul dan seluk beluk dari blog itu sendiri. Mau traffic atau visitor yang banyak tapi malas urus blog sendiri, gimana ceritanya? Mengurus blog sendiri bukan hanya meliputi dengan update artikel tiap harinya, namun perhatikan juga sisi lain seperti Layout, Template, Backlink, Sitemap dll.
  3. Pemasangan Iklan Yang Terlalu Berlebihan.
    Pemasangan iklan yang tidak wajar juga dapat menurunkan traffic pada blog anda, mengapa? Menurut saya sendiri blog yang terlalu memasukkan banyak iklan akan membuat para visitornya tidak betah berlama-lama di blog tersebut. Pasanglah iklan dengan sewajarnya, gunakanlah satu sampai dua pengiklan saja (ex; Adsense dan Poptm). Hindari juga pemakaian iklan yang tidak pantas seperti iklan 18+, judi dll, kenapa? ini akan membuat blog anda akan dianggap mengandung unsur-unsur yang tidak pantas oleh beberapa search engine dan akan membuat blog anda di blokir oleh pemerintah. Parahnya lagi jika blog anda terkena Sandbox oleh beberapa search engine, maka perhatikan kualitas iklan dari blog anda.
  4. Isi Konten atau Artikel Yang Tidak Berbobot.
    Kualitas artikel juga turun mengambil andil penting dalam traffic blog, semakin bagus kualitas dari artikel pada suatu blog maka semakin besar pula kesempatan dalam meraih traffic. Isi konten atau artikel yang berkualitas itu biasanya terdiri dari sebuah gambar, pilihan kata yang benar, bahasa yang baik dan sopan, artikel melebihi 500 kata dll. Jadi sebelum memposting artikel pada blog, perhatikan dahulu kualitas artikelnya! Semakin bagus isi artikel semakin disukai juga oleh para visitor.
  5. Jangan Terlalu Sering Ganti Template.
    Hal ini memang masih hangat didiskusikan, kebanyakan para blogger yang sehabis mengganti template pada blognya pasti akan mengalami penurunan visitor, layaknya AllAbout setelah kemarin mengganti template pada blog ini, traffic yang biasanya mencapai 1000 perhari dan semenjak mengganti template traffic tidak mencapai angka 500 visitor. Namun jangan berkecil hati, yang namanya perubahan pasti akan mendapatkan yang terbaik. Terutama jika perubahan yang dialami menjadi lebih baik dan bagus pastinya akan mendapatkan hasil yang terbaik dikemudian harinya.

Mungkin itu saja yang dapat AllAbout bahas dalam artikel kali ini, saya berpesan untuk anda yang mempunyai blog dengan traffic rendah janganlah berkecil hati, faktanya semua blogger yang sukses pastinya pernah mengalami hal yang sama dengan anda, tetap semangat dalam mengelola blog anda. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, terimakasih telah berkunjung.

26 Comments

  1. kalo saya agak sulit untuk meng update artikel setiap hari karna minimnya waktu dan juga ide untuk membuat artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mumpung ada waktu senggang, mending langsung bikin artikel yang banyak sekaligus. waktu posting bisa diatur di schedule hehe.
      untuk kendala ide, bisa coba baca artikel AllAbout yang satu ini ya
      http://www.about31.net/2017/05/15-ide-kreatif-dalam-membuat-artikel.html

      Delete
  2. wew, bermanfaat sekali gan, thanks infonya..

    ReplyDelete
  3. Iya tuh web web film buanyak banget iklanya, bikin pengunjung jadi pada kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo web film memang dia mengambil untung yang besar, karena web nya sering diblokir oleh pihak hosting, domain maupun pihak pemerintah. Tapi ya tetap utamakan kesenangan visitor dong hehe

      Delete
  4. Iya tuh web web film buanyak banget iklanya, bikin pengunjung jadi pada kabur

    ReplyDelete
  5. Aku pikir pengunjung malah akan bosen kalo templet'nya ngak pernah di ganti hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh itu salah besar gan, jangan terlalu sering mengganti template ya ini akan membuat para search engine menscan ulang struktur kode dari blog anda sendiri dan itu memakan waktu yang tidak sebentar :-b

      Delete
  6. Jadi karena kudet juga ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gamau kudet, bookmark about31.net dong biar semakin update hihi

      Delete
  7. thanks gan, ane jadi tau nih penyebab traffic blog menurun

    ReplyDelete
  8. Mantap gan, kebiasaan ane tuh suka ganti2 template 😂 ternyata berdampak buruk ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, jangan terlalu sering ganti template makanya hihi

      Delete
  9. bener tuh kalo ganti2 template orang jadi males lihatnya dan usahakan blog selalu aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, blog yg aktif memang lebih memperbesar persentasi dalam mengambil para visitor

      Delete
  10. themenya asik gan btw... #salahfokus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, baru ganti gan
      grgr ganti ini traffic jadi turun :-s

      Delete
  11. Waah mantap nih tipsnya, trafik blog saya masih dikit gan, walaupun saya suka update artikel tiap hari, ada saran gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sarannya rajin blogwalking sesama blogger gan, terus promosikan artikel artikel agan ke grup grup yg berkaitan dengan isi artikel :D

      Delete
  12. Yang paling sering ya nomor 1 =D Kadang klo lagi sibuk ya mau gimana lagi ga ada waktu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas ada waktu, ya buat beberapa artikel setelahnya tinggal di setting di schedule deh

      Delete
  13. gua lgi males2nya ne stelah 1 bulan stengah ngblog

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post